Rabu, 24 Desember 2008

Selamat Hari Ibu

Meskipun telat, tapi saya ucapkan Selamat Hari Ibu..

Bicara tentang ibu, pasti banyak sekali orang yang menjadikan ibunya sebagai tokoh idola, panutan, inspirator..termasuk saya.

Sekarang,saya ingin sedikit cerita mengenai ibu saya.

Ibu saya lahir di Tasikmalaya, 14 Agustus 1958. Beliau merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Ketika masih sekolah, ibunya ibu saya (nenek saya) meninggal dunia akibat sakit. Kakek saya lalu menikah lagi, dan memiliki dua putra dari istri keduanya. Singkat cerita, ibu saya yg kuliah di IKIP (yg sekarang jadi UPI), mendapat tugas di Kuningan, lantas bertemu bapak saya yg asli Kuningan dan menikah. Ibu dan bapak memiliki 4 anak, kakak saya (Agi,27), saya (mayang,22), adik laki2 saya (gema,19), dan adik perempuan saya (lintang,16). Ibu saya adalah seorang guru matematika, sementara bapak adalah guru PPKn.

Ketika saya duduk di bangku kelas 3 SMP, bapak saya jatuh sakit. Sempat dilarikan ke RSU '45 Kng, RS Ciremai (apa Gn. Jati) di Cirebon, sampai ke RS Advent di bdg. Bapak sempat dioperasi pengangkatan batu ginjal di RS Advent, namun pada akhirnya harus menyerah dan tutup usia, tidak lama setelah dilakukan operasi.

Saya sangat kehilangan bapak, karena seingat saya, waktu bapak masih ada, saya lebih dekat dg almarhum. Tapi, meninggalnya bapak kemudian membuat saya menjadi lebih dekat dg ibu.

Ibu, adalah orang yg super dan kuat. Sebagai single parent, dan harus menghidupi 4 anak, ibu tentu harus memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan sebagai guru. Beruntung, sebelumnya bapak dan ibu telah merintis usaha kecil2an. Ibu lantas terus bekerja keras untuk mengembangkan usahanya sepeninggal bapak.

Terus.. Terus.. Bekerja keras.. Tanpa kenal lelah..

Alhamdulillah.. Usaha ibu semakin maju, sampai bisa menyekolahkan dua anaknya sampai lulus menjadi sarjana.. Adik saya juga sekarang sudah mulai kuliah..
Semuanya, adalah buah dari jerih payah ibu saya, hiks..

Aduh, karena mata saya keburu berkaca2, saya cukupkan cerita tentang ibu saya.

Sekali lagi,
SELAMAT HARI IBU..

Tidak ada komentar: