Senin, 10 Mei 2010

curhat colongan

Fyuh, capek banget baru pulang kerja. Oya, karena kerjaan saya bergerak di bidang catering service, jadi saya mau cerita tentang lika-liku penyelenggaraan catering di sebuah kawinan di tempat tinggal saya, Kuningan.

Sampai saat ini, saya masih terus berusaha untuk meningkatkan kualitas catering saya, ingin sekali bisa sebagus catering-catering di kota besar, tapi ternyata banyak banyak sekali kendalanya.

1. Jumlah undangan di kampung, khususnya Kuningan biasanya jauh lebih besar dibanding di kota-kota besar, (apalagi yang menyelenggarakan kawinan di hotel kota-kota besar). Kalau untuk ukuran Bandung saja 1.000 undangan bisa dikatakan jumlah yang lumayan, sementara untuk ukuran di Kuningan, bisa dibilang standar. Apalagi di jakarta, kebanyakan masih dalam hitungan ratusan. Dan tentu saja melayani catering untuk jumlah ribuan itu jauh lebih sulit dibanding yang ratusan. Bukan hanya dalam pembagian makanan (harus memasak dalam beberapa session), tapi juga service (misal pengambilan barang-barang kotor, dll) serta penggunaan peralatan (piring, dll). Selain itu, gedung yang biasa digunakan kawinan di Kuningan rata-rata memiliki luas yang tidak terlalu besar, sehingga tidak sebanding dengan jumlah undangan si empunya hajat. Walhasil, boro-boro karyawan saya mau ngangkut barang2 kotor, mau lewat aja kagak bisa, sungguh menyulitkan mobilisasi. Jadinya, pengambilan barang kotor kurang sigap. Meskipun hal itu biasanya terjadi kalau pesanan sudah di atas 2.000 porsi sih, kalau orang Sunda bilang "udah bisa ke-handle aja udah uyuhan (mending)" - mengingat jumlah pesanan yang besar- tapi tetap saja rasanya menjadi PR untuk saya.

2. Behaviour. Saya bukannya mau menjelek-jelekkan perilaku uruk orang Kuningan, karena memang tidak semuanya seperti itu, so, ini bukan generalisasi. Tapi,kadang saya suka heran, dan tidak habis pikir sama orang-orang yang kalau ngambil makanan, kayak orang kesurupan, bwanyaaakkk bangetttt nget. Suka ada aja, yg kalau ngambil kue, nggak cukup satu, dua, tapi lima, bahkan lebih. Pernah saya nge-gap ibu-ibu yg lagi makan nasi di belakang, trus dia mengeluarkan plastik (yg dia bawa dari rumah), trus tuh makanan dimasukkin aja gitu ke plastik (buat dibawa pulang ke rumah), lantas si ibu ini hunting makanan lain, seperti bakso, dll dan kemudian si bakso itu nasibnya sama kayak si nasi, dibungkus men!! gila gak?? kalau di kota-kota, ada orang yg modelnya kayak begini gak ya?
Trus, pernah sekali ada menu chocolate fontain. Tahu sendiri kalau udah menu ini, pasti sekejap cepet banget habis, gimana nggak, satu orang ada gitu yang ngambil lima tusuk bahkan lebih, gila. Nah, pas si buahnya habis, karywan saya ambil kan tuh wadahnya ke belakang buat diisi ulang, ternyata eh ternyata, beberapa orang ngambil cup jus, dan ngwadahin coklat cair nya dong, padahal buahnya belum ada!! shock gw!
Udah gitu, banyak yang suka gak mau ngantri, bahkan kalau ngambil bakso, ngambil sendiri, padahal jelas-jelas ada karyawan saya yang melayani, eh mereka keukeuh ngambil sendiri. Kalau udah ngambil sendiri, ya jelas mereka ngambil bakso suka-suka, jumlahnya sering lebih dari yang dijatah, stres deh saya.
Bandingkan sama di kota, orang-orangnya udah lebih behave, tahu malu, tertib dan mau ngantri. Lebih gampang kan meng-organize nya?!

3. Gak bisa mahal.. Kalau udah gitu, jadi susah kalau mau bikin penampilan se-mewah catering kota besar :(

Sekarang bayangkan penderitaan saya, jumlah undangan segambreng, dan kelakukan yg sering bikin saya pengen nangis,,, Yah, bersyukur aja deh sama Yang Di Atas, heueueu..

Tidak ada komentar: